close
Kuliner

Ayam Bakar Iloni, Kuliner Khas Gorontalo yang Digemari Banyak Orang

Ayam Bakar Iloni Khas Daerah Gorontalo. Satu lagi resep ayam bakar yang akan kita melalui blog masakan khas daerah ini yaitu ayam bakar iloni khas daerah Gorontalo. Iloni merupakan menu ayam bakar yang dimasak dengan bumbu dan cara memasak yang sedikit berbeda sehingga menimbulkan rasa khas yang lezat dan patut untuk kita coba. Yang mau ikutan silahkan langsung ikuti penjelasannya.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, resep Gorontalo ini sedikit berbeda dari resep ayam lainnya karena kalau biasanya kita menu ayam bakar langsung dipanggang setelah ayam diberi bumbu tetapi tidak demikian dengan menu yang ini. Untuk membuat masakan ayam bakar iloni kita akan menambahkan bumbu hingga meresap ke daging ayam terlebih dahulu, dalam hal ini kita akan memasak ayam dengan sedikit santan hingga bumbu meresap baru setelah itu ayam dibakar. Untuk lebih jelas, mari kita coba bersama-sama dengan panduan di bawah ini.

Bahan dan Bumbu Ayam Bakar Iloni

Ada tiga hal yang akan kita siapkan untuk memasak menu ini yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan, bumbu serta bumbu yang dihaluskan. Bahan dan bumbu tersebut dapat dilihat dalam daftar berikut.

Bahan-Bahan

Dada ayam

Santan

Minyak untuk menumis

:

:

:

5 potong

500 ml

2 sdm

Bumbu-Bumbu

Daun pandan, potong pendek

Daun salam

Garam

Sereh

:

:

:

:

1 lembar

2 lembar

1 sdt

2 batang

Bumbu Yang Dihaluskan

Bawang merah

Bawang putih

Kemiri

Jahe

Kunyit

Cabai merah

Cabai rawit

:

:

:

:

:

:

:

5 butir

3 siung

5 butir

1 iris

1 iris

10 buah

6 buah


Setelah semua yang kita butuhkan siap tersedia maka langkah selanjutnya kita dapat langsung mulai memasak dan berkreasi dengan resep tersebut. Caranya ikuti penjelasan seterusnya.

Cara Memasak Iloni Khas Gorontalo

Cara memasak menu ini terbagi menjadi dua bagian yaitu yang pertama memasak ayam dengan bumbu hingga meresap dan yang kedua memanggang ayam. Langkah-langkah cara memasaknya secara lengkap yaitu sebagai berikut:

  • Tumis dengan minyak bumbu yang telah dihaluskan bersama bumbu lainnya sampai keluar aroma.
  • Masukkan potongan ayam, aduk sambil tuangi santan sedikits demi sedikit sampai habis, masak sampai kuah kental dan bumbu meresap.
  • Angkat ayamnya lalu dipanggang dalam oven sampai kering dan kuning kecoklatan.
  • Angkat dan hidangkan di atas piring untuk 5 porsi


Kalau dalam resep asli Gorontalo tersebut kita tidak menggunakan bahan pelengkap maka dalam penyajian saya menambahkan beberapa pelengkap yaitu lalapan. Jika anda berkenan anda juga dapat menambahkannya sesuai selera. Sampai disini, semoga bermanfaat.

sumber

Leave a Response