Bone Bolango Bikin Benteng Baru, The Ulantha Hill

Sebuah bangunan berdiri di atas bukit di Desa Ulanta, Kecamatan Suwawa, Bone Bolango. Sepintas mirip benteng. Bangunan yang berdiri dengan dana APBD Bone Bolango ini diberi nama The Ulantha Hill. Belum selesai. Namun animo masyarakat mengunjungi tempat ini sangat banyak.

Setiap hari, terutama waktu sore, warga berbondong mendatangi lokasi ‘benteng’ yang dibangun di kompleks kantor Bappeda Kabupaten Bone Bolango itu. Postingan di media sosial, juga mengundang penasaran warga net tentang keberadaan bangunan yang mirip town hall (TH) game online clash of clans (CoC) itu.

Karena masih dalam proses pembangunan, dibeberapa bagian bangunan masih nampak kasar dan kurang rapi. Begitu pun kawasan The Ulantha Hill belum tertata bagus. Untuk menuju ‘benteng’ ini harus disiapkan fisik yang kuat, sebab lokasinya menanjak karena berada di atas bukit.

Pemerintah Bone Bolango pada tahun 2017 lalu, mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 300 juta untuk membangun benteng ini. Rencananya tahap dua pembangunan akan tuntas tahun ini.

“Dipo yilapato karajo liyo ju, tahap 2 finishing 2018 InSa Allah. Odu olo. (Belum selesai pekerjaanya. Tahap 2 finishing 2018 Insha Allah. Terima kasih),” ujar Hamim Pou, Bupati Bone Bolango.

Kehadiran The Ulantha Hill menjadi spot foto baru bagi warga yang hobi swafoto, termasuk yang ingin menikmati lokasi wisata baru. Hanya saja, tidak ada filosofi atau sejarah yang mendasari pembangunan bangunan ini.

Pembangunan hanya didasarkan untuk menambah lokasi tujuan wisata di Bone Bolango. Sebelumnya Pemda Bone Bolango juga telah membangun Center Poin yang mirip Arc de Triomphe (Gapura Kemenangan) di Paris, Prancis. Center Poin ini bahkan menjadi icon Bone Bolango.

Kepala Dinas Pariwisata Bone Bolango, Adnan Nadjamudin kepada Gorontalo Post mengatakan, destinasi wisata tersebut dibangun dari hasil ide Bupati Hamim Pou yang ingin membangkitkan pariwisata di Kabupaten Bone Bolango.

“Wilayah Bone Bolango sangtlah luas dan banyak menyimpan potensi alam untuk kemajuan pariwisata, Sehingga kesempatan ini kita tidak sia-siakan,”kata Adnan. Nantinya, kata Adnan The Ulantha Hill akan dilengkapi dengan teropong yang kemudian akan dipasang diberbagai sudut, sehingga wisatawan bisa lebih puas menikmati panorama alam dan melihat secara luas sebagian wilayah Bone Bolango.

sumber

Leave your comment
Comment
Name
Email