Di Belgia Waffle, Ketika di Gorontalo Jadi Wapili

Waffle merupakan kue khas Belgia dan Amerika Serikat yang cukup digemari masyarakat Indonesia dengan berbagai rasa. Selain di Belgia, di Nusantara pun ternyata memiliki waffle tradisional. Wapili namanya. Waffle tradisional satu ini berasal dari Gorontalo. Aroma wapili juga tak kalah menggoda karena menggunakan bahan-bahan khas Indonesia.

Bentuk wapili juga hampir sama dengan waffle, yaitu terdapat rongga-rongga berbentuk kotak. Bahan-bahannya pun hampir sama dengan waffle, seperti tepung terigu, mentega, susu, telur dan garam.

Yang membedakannya, wapili menggunakan gula merah, santan, serta kayu manis. Sehingga rasa dan aromanya sangat khas.

Teksturnya pun sedikit berbeda. Bagian luar lebih renyah, namun empuk di tengah. Sedangkan wapili, seperti kue cubit dan lebih lembut. Lebih nikmatnya lagi, wapili disajikan masih dalam keadaan hangat dengan secankir teh atau hangat.

Di Gorontalo, biasanya wapili dihidangkan sebagai camilan pada acara-acara adat dan spesial. Kini, makanan ini sudah mulai langka ditemukan. Namun, masih ada beberapa penjual makanan atau kue-kue yang menyediakan waffle asli Indonesia tersebut.

sumber: sportourism
foto: oktaviani helingo

Facebook Comments

Post Author: gorontalounite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *