close
Editors' Take

Embung Dumati, Destinasi Wisata Baru yang Murah

Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) – Wisata perahu mengelilingi Embung dumati menjadi daya tarik bagi pengunjung di obyek wisata baru yang berada di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pantauan ANTARA, para pengunjung rela untuk antre agar dapat melihat pemandangan obyek wisata baru tersebut dari atas perahu dan mengitari embung dengan sudut pandang berbeda.

embung dumati. foto: Biztrock

Obyek wisata embung Dumati yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari Kota Gorontalo tersebut, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan mulai ramai didatangi oleh pengunjung dari sejumlah daerah di Provinsi Gorontalo.

Sekretaris BumDes, Sri Yulianti Adam di Gorontalo, Minggu, mengatakan dengan adanya Dana Desa, maka obyek wisata tersebut dibangun dan ditata agar menarik pengunjung.

“Biaya untuk wisatawan naik perahu mengelilingi embung yaitu Rp5.000 per orang, dan bisa ditumpangi hingga lima orang sekali berlayar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tempat itu berpotensi menjadi tempat wisata dan sejak awal sudah sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin foto-foto ‘prawedding’.

“Jadi dari pada tidak dikelola, dan dengan adanya dana desa yang diberikan ke BumDes, jadi kami kelola menjadi tempat wisata di Desa Dumati, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo,” ucap Sri.

Ia mengaku jika saat ini baru satu unit perahu yang di sediakan oleh pengelola, namun akan ditambah jika pengunjung semakin banyak yang datang.

foto: Arief Mansur

“Fasilitas yang ada sekarang yaitu ada pondok untuk bersantai, dan perahu, serta wahana swafoto di atas air,” kata dia, lagi.

Ia mengungkapkan, untuk wahana swafoto di atas air tersebut, semakin banyak orang yang berdiri disitu maka akan semakin bagus hasil foto yang didapatkan, karena seolah-olah memang berdiri di atas air tanpa bantuan apapun. AntaraNews

Leave a Response