fbpx

Cinta Lebih Seru? Ayo ke Festival Pesona Pohon Cinta di Pohuwato

Ada banyak tempat di Pohuwato yang menawan serta bisa menyihir setiap orang untuk betah bertahan disana. Mimin pernah rasakan itu. Mulai dari Pulau Lahe yang pantainya seperti bentuk LOVE yang ketika kita melakukan diving disekitarnya, bisa menemukan beberapa bangkai mobil dan motor, yang jumlahnya puluhan. Wow. Tidak jauh dari situ, ada pantai yang dinamakan Pantai Pohon Cinta, suasananya seperti di Losari, disekitarnya banyak yang jualan makanan berat maupun ringan. Mimin pernah berada disitu dari jam 2 siang sampe pulang jam 7 malam. Saat itu lagi kerja ngedit video. Betah? iyaa. hahaha.

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengatakan objek wisata pantai “Pohon Cinta”, merupakan destinasi unggulan pariwisata di Provinsi Gorontalo. yes, mimin sepakat. ti Pasisa (panggilan akrab Bupati Pohuwato) juga mengatakan nantinya kawasan wisata Pantai Pohon Cinta akan dilengkapi dengan fasilitas yang akan menunjang sejumlah akomodasi ekowisata.

“Selain tempat kuliner yang sudah tersedia, ke depannya kami juga telah merencanakan pembangunan seperti cottage, cafe and resto centre, children centre, wahana bermain air hingga fasilitas olahraga bahari,” kata Syarif Mbuinga seperti yang dilansir dari detik.com

Eh, di Pohuwato juga ada sebuah tempat, yang penduduknya tinggal diatas laut, namanya Torosiaje yang dihuni oleh suku bajo. Jika di foto dengan menggunakan drone, perkampungan Torosiaje seperti kapal induk yang tengah mengarung di samudera.

Torosiaje atau juga dikenal sebagai Kampung Bajo berada di atas air laut Teluk Tomini dan berjarak sekitar 600 meter dari daratan. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan dan sekaligus pembudidaya ikan. Semua rumah di kampung ini terbuat dari kayu dan masing-masing rumah terhubung dengan koridor yang juga terbuat dari kayu. Panjang koridor yang berbentuk huruf “U” itu sekitar 2,2 kilometer.

Uniknya, meskipun pemukiman dibangun di atas air, desa ini memiliki lapangan bulu tangkis. Terdapat juga gedung taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan masjid-masjid. Desa wisata itu juga memiliki dua fasilitas penginapan dengan biaya sewa per kamar sekitar Rp 100 ribu per malam. Salah satu penginapan yang ada di ujung kampung milik pemerintah dan satu lagi milik warga setempat. Saat penginapan penuh, pengunjung bisa menginap di rumah warga.

Apalagi ya??

Oh iya, Pantai Libuo.

Pohuwato juga punya pantai yang mempesona, namanya Libuo. Pantai ini masih asri dengan jejeran pohon pinus di pinggirnya. Sekali datang kemari, pasti teman-teman ingin kembali lagi. Letaknya di sekitar kawasan Cagar Alam Panua.

Nah, berdasarkan uraian diatas, Kabupaten Pohuwato kembali menggelar event Festival Pesona Pantai Pohon Cinta 2018. Rencananya, event berlangsung dari tanggal 2 Mei sampai dengan 6 Mei 2018. Event tersebut digelar dalam rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Pohuwato., sekaligus potensi mempromosikan pariwisata yang ada di Pohuwato.

Beragam hal yang menarik dan seru sudah disiapakan dalam rangka meramaikan event Festival Pesona Pohon Cinta 2018, mulai dari Parade maleo bird, tarian saronde kreasi,  Pameran Pembangunan, Pameran foto destinasi baru, lomba perahu hias, lomba alanggaya buliya, funswimming, atraksi kuliner, atraksi seni dan budaya, foto underwater, senam massal toloditi, marching band Gita Abdi Praja (IPDN), serta Pemilihan Nou Uti 2018.

Untuk lomba foto yang bertajuk Pohuwato Underwater Photo Competition, total hadianya sampe 55 juta loh. Para jurinya pun juri yang memang sudah handal, yakni 1. Syarif Mbuinga (Bupati Pohuwato), 2. James Mamoto (Instructur Underwater Photography), 3. Roy Herlambang (Instructur Underwater Photography)

Pohuwato Underwater Photo Competition

Oke, mimin kase tau lagi kapan depe waktu, 2 – 6 Mei 2018 di Pohuwato ada Festival Pesona Pantai Pohon Cinta. Trus kalo teman-teman mau lihat keseruannya lewat foto-foto, nanti pantau saja di akun @InstaNusantaraGto (klik saja, mengarah ke instagram langsung) atau lewat hastag #InstaNusantaraGto, #AyoKeGorontalo, #VisitGorontalo dan #GorontaloUnite Ayo, kita ramaikan. Ketemu di Marisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *