Lion Air Tergelincir di Bandara Djalaludin Gorontalo

Pesawat Lion Air yang berangkat dari Makassar pukul 17.29 WITA dan tiba di Gorontalo pukul 18.35 WITA di hari Minggu, 29 April 2018, dengan jumlah penumpang 174 orang, tergelincir saat mendarat di Bandara Djalaludin Gorontalo.

Pada saat kejadian, kondisi di landasan bandara memang lagi di guyur hujan. Berdasarkan laporan dari Corporate Comunication Strategic Lion Air, Danang Mandala, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 892 tersebut tidak ada korban jiwa.

Penumpang lainnya dan kru pesawat telah dievakuasi dan dalam keadaan selamat. Mereka langsung dilarikan ke dalam gedung terminal. Flight Operation Lion Air Gorontalo Sopyan mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan JT 892 dipiloti oleh Kapten Pnb Djoko Sigit dengan Co Pilot Debi Ade Saputra. Pesawat ini diawaki oleh lima orang pramugari yaitu, Rima Zaenab Gobel, Elasa Aprilyani Supendi, Indrayani Saputri, Juvinny Monica Sumakud, Rani Hartanti Jamal.

pramugari yang melihat kondisi terakhir pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Djalaludin (foto. DI)

Akan tetapi, berdasarkan penuturan dari Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Djalaludin, ada 2 penumpang yang sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami shock berat, yakni Masjan Husain (umur 69 th) dan Anita Mantili (umur 65 thn), yang keduanya berdomisili di Manado.

Berdasarkan pantauan mimin Gorontalo Unite lewat foto dan berita yang beredar, Pesawat Lion Air yang tergelincir mengalami kerusakan patah roda depan dan roda belakang sebelah kiri ambles ke tanah untuk roda kanan belakang masih di aspal runway. Bandara Djalaluddin Gorontalo mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) untuk membersihkan landasan pacu serta menutup sementara bandara. Pesawat saat ini masih di posisi saat tergelincir dan belum bisa dipindahkan karena keterbatasan alat.

pesawat Lion Air yang tergelincir di landasan Bandara Djalaludin. foto: @AviationSafety

 

pesawat Lion Air yang tergelincir di landasan Bandara Djalaludin. foto: @AviationSafety

 

Petugas Bandara mencoba mengevakuasi pesawat Lion Air yang tergelincir di landasan Bandara Djalaludin. foto: @AviationSafety

 

Pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Djalaludin, nampak terlihat roda depan terbenam dalam tanah

 

penumpang Lion Air yang tergelincir saat dievakuasi petugas di Bandara Djalaludin

 

Facebook Comments

Post Author: gorontalounite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *