fbpx

Nikmatnya BerIndonesia

Asian Games secara resmi ditutup pada 2 September 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan ditandai flag handover dari Indonesia kepada China dilanjutkan dengan pengibaran bendera dan lagu kebangsaan China sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-19 tahun 2022.

Selama penyelenggaraan Asian Games, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 dengan raihan total medali sebanyak 98 medali yang terdiri dari 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Hal ini diluar ekspetasi dan target yang dipasang oleh Presiden RI, Jokowi. Dimana sebelumnya, Indonesia ditargetkan meraih 16 medali emas dan berada dalam 10 besar. Akan tetapi para pejuang olahraga Indonesia membuktikan lebih.

Disaat Indonesia Raya berkumandang berulang kali di arena, kita yang secara tidak langsung mendukung ikut tergugah, merinding dan bahkan meneteskan air mata. Iya, kita yang hanya menyaksikan lewat siaran televisi.

https://twitter.com/i/status/1034479338979115008

rasa keberagaman dan keindonesiaan kita meningkat pesat hingga ke dalam renung sanubari batin kita. Gilang Pamungkas lewat akun twitternya mengatakan bahwa, jalan terbaik melawan rasisme adalah prestasi olahraga. gak ada yang ribut saat jojo bikin tanda salib, kita bersyukur bilang Alhamdulillah. Kita gak pernah protes bahwa Lindswell Kwok itu chinese, mata kita berkaca-kaca saat dia tersenyum haru di podium saat Indonesia Raya berkumandang. gak ada yang peduli Lilyana orang Sulawesi Utara tapi dipanggil Butet, gak ada yang marah Zohri gak mau diwawancara karena mau sholat dulu. Semua menangis saat Anthony Ginting cedera. Kita menangis saat Indonesia Raya berkumandang. Nikmat berindonesia mana lagi yang ingin kamu dustakan?

Terima kasih para atlit. Kalian menggenapkan rasa kami, menjadikan kami sebagai suporter paripurna, yang selalu terucap doa untuk setiap langkah perjuangan itu. Buat para atlit yang belum bisa meraih kemenangan, jangan minta maaf sama kami. sebaliknya, kami yang harus berterima kasih. kami bangga. Para pejuang Indonesia di Asian Games berhak menerima penghormatan dari kami.

Indonesia layak berbangga diri dimata dunia, penyelenggaraan Asian Games ke-18 berjalan dengan aman dan menyisakan kenangan diantara setiap orang. Penyelenggaraan Asian Games ke-18 patut diapresiasi setinggi-tingginya.

Ajang Asian Games di Indonesia juga menciptakan beberapa momen penting, seperti 2 negara berseteru, yakni Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dalam satu bendera yang menggambarkan semenanjung korea. Hanifan, atlit pencaksilat yang meraih medali emas ke-29 memeluk Jokowi dan Prabowo, Indonesia Raya yang bergemuruh di GBK, hingga momen-momen lainnya.

Berikut tanggapan netizen Gorontalo melalui instagram gorontalo.unite

@galangp.rmdhn: semangat persatuan antar bangsa-bangsa yang menjunjung tinggi semangat dalam berolahraga

@muhditaufik: Asian Games merupakan arena bertempur (olahraga) bangsa Asia

@giftzul: Asian Games menunjukan bahwa Indonesia adalah bagian dari yang terbaik dari bangsa-bangsa di Asia

@walpri.maku_: Asian Games bisa menjadi Energy of Asia, pemersatu bangsa.

@koko4vj: Asian Games sebagai ajang pembuktian bahwa bendera Indonesia itu cuma satu.

@helmi_suak: Unity in Diversity

@rezapratama: Asian Games merupakan pemicu semangat Bangsa Indonesia.

@yunan_gorapu: ajang pemersatu bangsa, memupuk semangat nasionalisme.

@malikpanigoro: Asian Games merupakan ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

@sofyanibrahim: Disaat politik Indonesia memanas, olahraga yang menyatukan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *