fbpx

Meriahnya “Opening Ceremony Asian Games 2018”

Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam berlangsung meriah. Dan tentu saja hal ini mengundang rasa kagum dari setiap orang yang menyaksikannya baik secara langsung maupun melalui streaming maupun televisi.

Upacara Pembukaan Asian Games di Indonesia seketika menjadi trending topik dunia. Bukan hanya itu, Presiden RI, Jokowi juga sempat jadi pembahasan bagi para netizen Indonesia hingga di Korea. Aksi mengendarai motor menuju SUGBK tersebut terlihat unik dan menarik.

Asian Games 2018 yang diikuti oleh 16 ribu atlit dari 45 negara se-Asia ini boleh dikatakan sebagai opening ceremony event terbaik. Pasalnya, pembukaan yang dikomandani Wishnutama ini menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multievent. Dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, panggung tersebut akan menjadi latar saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade dibawah bendera kebanggaan negaranya. 

Opening Ceremony Asian Games 2018

Pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan Tari asal Aceh, yakni Tari Saman. 4000 penari disorot dari atas terlihat memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas. Nyanyian tari Saman yang berjudul Assalamualaikum pas menyambut seluruh peserta negara yang akan berkompetisi di Indonesia.


Bukan cuma itu, kemeriahan berlanjut saat defile kontingen dari masing-masing negara peserta Asian Games. Dan kontingen dari Korea dan Palestina yang mendapat sambutan meriah dan tepuk tangan dari penonton yang memenuhi Stadion Utama GBK.


Ini merupakan salah satu momen bersejarah bagi bangsa Korea. Hal ini karena kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu. Korea Selatan dan Korea Utara sepakat untuk bersatu di bawah bendera Unifikasi Korea selama Asian Games 2018 setelah konflik yang berkepanjangan.

Begitu pun saat kontingen dari Palestina memasuki stadion. Puluhan ribu penonton yang memenuhi GBK memberi dukungan dengan teriakan dan tepuk tangan. Indonesia dan Palestina memang dikenal memiliki hubungan hangat. Tak heran, kontingen Palestina dapat sorotan spesial dari penonton.
Upacara pembukaan Asian Games menjadi simbol perayaan keragaman di Asia.

Defile kontingen Palestina 

Dan kontingen Indonesia selaku sebagai tuan rumah menjadi peserta yang terakhir melakukan defile. Penonton pun langsung histeris. Mereka berteriak, “Indonesia…!!! Indonesia…!!! Indonesia!!!


Publik pun bergemuruh dengan keras ketika giliran kontingen Indonesia keluar untuk melakukan defile. Atlet renang I Gede Siman Sudartawa berada paling depan sembari membawa bendera merah putih.

Gemuruh sorakan para penonton terasa lebih lama dibandingkan saat menyambut parade kontingen dari negara lain. Terlihat Presiden Joko Widodo serta Ibu Negara Iriana dengan penuh suka cita berdiri ketika tim Indonesia dperkenalkan.

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *