Para Pemandu Wisata Dibekali oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo

Untuk terus mendorong sektor kepariwisataan di Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata terus berupaya semaksimal mungkin. Termasuk didalamnya dengan menggelar pelatihan-pelatihan, seperti yang dilaksanakan pada 2 hari terakhir, yakni Pelatihan Pengelolaan Home Stay dan juga untuk para Pemandu Wisata.

Pada pelatihan untuk para pemandu wisata, turut dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Nancy Kahay, MP, dan kegiatan tersebut diikuti oleh kelompok-kelompok sadar wisata, utusan Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota serta Generasi Pesona Indonesia Gorontalo yang menjadi ujung tombak tentang potensi-potensi wisata yang ada di Gorontalo

“Saya berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan, kualitas SDM, dan pengetahuan seluruh elemen dalam pengembangan dan aktivitas pariwisata di Gorontalo kedepannya. Konteks pariwisata sendiri bukan hanya persoalan tempat wisata yang ingin dipromosikan, akan tetapi bagaimana elemen didalamnya, khususnya para pemandu wusata yang memiliki kemampuan dalam mengenalkan pariwisata itu sendiri” ujar Nancy Lahay

Sementara itu, salah satu narasumber, Sam Putu Sebaya, SH, MH menegaskan bahwa sebagai pemandu wisata, kita harus menguasai cerita dari kelebihan tempat wisata yang mau dijual. “Misalnya soal hiu paus, pertama-tama kita harus menguasai dulu tentang hiu paus, tentang perkembangan biaknya, tentang segi keselamatan maupun segi keamanannya. Apa yang menarik, itu harus disampaikan oleh pemandu wisata” tegasnya.

Lebih lanjut, pria paruh baya tersebut mengatakan bahwa jika kita sebagai pemandu wisata tidak menguasai apa yang kita promosikan, apa yang kita jual kepada wisatawan, maka yang ada wisatawan hanya sekedar melihat-lihat tempatnya saja tanpa ada edukasi yang didapatkan.

Peningkatan kompetensi pemandu wisata dimaksudkan agar para pemandu memilki kemampuan yang mumpuni dalam melayani, mereview atau menjelaskan destinasi wisata yang sedang dikunjungi wisatawan. Hal tersebut yang melatarbelakangi Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar pelaatihan bagi para pemandu wisata. Pada kesempatan tersebut juga hadir kalangan penggiat pariwisata seperti Generasi Pesona Indonesia serta media massa maupun online.

Sehingga, kompetensi atau pengetahuan dari pemandu wisata perlu ditingkatkan agar dalam melayani para wisatawan dapat lebih menarik dan paling tidak wisatawan tidak bosan dan pulang cepat.

Leave your comment
Comment
Name
Email