close

Sebutan sebagai ‘Kota Jasa’, benar-benar diperlihatkan Pemerintah Kota Gorontalo (Pemkot) Gorontalo. Bukan hanya terhadap masyarakat Kota Gorontalo sendiri, namun turut memberikan peluang pada investor luar Daerah, untuk berinvestasi di Kota Gorontalo.

Peluang investasi yang terus berdatangan ini, merupakan rujukan dari kebijakan Pemkot Gorontalo, memberikan jaminan kemudahan bagi investor, untuk berinvestasi dalam berbagai jenis usaha, termasuk jasa perhotelan. Proyeksi usaha tersebut selain bisa menyerap tenaga kerja lokal, juga sejalan dengan tipologi perekonomian Kota Gorontalo yang menjadikan perdagangan dan jasa sebagai sector basis. Terkait hal itu pula, kini telah ada salah satu investor nasional yang siap membangun usaha jasa perhotelan berkelas bintang tiga plus atau setara bintang empat.

Hotel tersebut nantinya akan bernama Hotel Swiss Bell. Sejauh ini persiapan yang sudah dituntaskan yakni pembebasan lahan. Lokasinya akan dibangun di Jl. Ahmad Yani. Kabag Pembangunan Setda Kota Gorontalo Ridwan Akase mengatakan, Hotel Swiss Bell nantinya akan dibangun 9 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 150 unit.

Hotel juga akan dilengkapi dengan meeting room dan restoran. Selain itu, Hotel juga akan dilengkapi kolam renang, musholah dan berbagai fasilitas lainnya, yang menunjang pelayanan hotel,” kata Ridwan.

Progres realisasi investasi pembangunan Hotel Swiss Bell yang termasuk kategori penanaman modal dalam negeri (PMDM) itu dibahas oleh jajaran Pemkot Gorontalo. Lahan untuk pembangunan direncanakan seluas 5.810 meter persegi. Sesuai rencana pulsa peletakan batu pertama sudah akan degelar antara Desember 2018 atau paling lambat awal tahun 2019. Lahan seluas 5.810 meter persegi sudah berhasil dibebaskan sehingga tinggal dikerjakan. Lama pelaksanaan pekerjaan diperkirakan akan memakan waktu lebih kurang dua tahun.

Investasi serupa Hotel Swiss Bell, jelas Ridwan juga akan menambah daya tarik dunia pariwisata di Gorontalo. Pada saat yang sama, kehadiran investasi hotel juga memberikan multiplayer efek bagi sub sector lainnya. Setiap pengunjung atau wisatawan yang menginap di Kota Gorontalo sudah pasti akan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di Kota Gorontalo seperti beebelanja kuliner dan produk lokal lainnya sampai memanfaatkan bentor yang merupakan transportasi khas andalan Gorontalo.

Leave a Response