Teori Perubahan Sikap Diusulkan Thariq Modanggu Untuk Penanganan Narkoba

2 minutes reading
Saturday, 21 Oct 2023 11:44 0 92 Gorontalo Unite

Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu, punya ide kreatif nih buat atasi masalah narkoba di daerahnya. Dia usul agar kita terapkan teori perubahan sikap dalam penanganan narkotika. Seru, kan?

Nih, menurut beliau, narkoba itu kayak penyakit dalam diri manusia. Gini, semua orang kan gak mau sakit, tapi kadang suka makan yang gak sehat yang bisa bikin sakit. Nah, sama aja kayak narkoba, katanya.

“Kadang-kadang kalau berhadapan dengan itu sudah lupa penyakit dan setelah itu sudah berhadapan dengan penyakit,” jelasnya pas lagi rapat penanggulangan narkoba di kantor BNNK Gorut.

Beliau juga cerita, di dunia pendidikan juga ada anak-anak yang modus pake narkoba tapi gak keliatan hubungannya sama narkoba. Contohnya, beli lem terus dihirup buat efek fly atau yang lainnya.

Makanya, menurut Bupati, Dinas Pendidikan harus gencar sosialisasiin tentang bahayanya narkoba. Surat edaran, video singkat di media sosial, semua itu dia usulkan buat ngasih info yang sehat dan produktif buat perbaiki mindset.

“Jadi kami berharap langkah-langkah itu kita lakukan, saya membaca teori perubahan sikap itu ada 3 level,” kata beliau semangat.

Tiga level itu, menurutnya, sejalan sama usaha kita atasi peredaran narkoba. Pertama, information set, yang berarti siapin info sehat dan produktif buat perbaiki mindset. Terus, udah jadi mindset, dia bakal jadi mental set. Terakhir, wife of life atau makanan sehari-hari, yang artinya udah jadi kebiasaan beneran.

Jadi, semoga dengan cara ini, makin banyak masyarakat yang gak mau nyoba narkoba. Terus, narkoba bisa berkurang deh di daerah Gorut. Bravo, Pak Bupati!

Avatar photo

Gorontalo Unite

Media berbagi kabar baik & kabar bahagia dari Gorontalo, yang melibatkan warga sebagai sumber informasi.

LAINNYA
× Chat Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday